Selamat datang di website Perhimpunan INTI

Artikel Lainnya

GEMA INTI Bali Ajak Masyarakat Selamatkan Penyu Dari Kepunahan

Tuesday, 09 Jun 2015




Prihatin dengan nasib penyu yang terancam punah, Pengurus Daerah GEMA INTI Bali bekerjasama dengan Kuta Beach Sea Turtle Conservation Centre (KBSTCC) dan Bali Sea Turtle Society (BSTS) akan mengadakan kegiatan pelepasan tukik atau bayi penyu pada Minggu (14/6) di Pantai Kuta, Bali.

Indonesia merupakan rumah bagi spesies penyu dunia, 6 dari 7 spesies penyu yang ada di dunia bertelur di Indonesia. Namun ironisnya, saat ini penyu masuk sebagai spesies dengan kategori terancam punah. Menurut hasil survey hanya 1 dari 1000 tukik yang dapat selamat hingga menjadi penyu dewasa di alam bebas.

Praktik penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan, pembuangan sampah di pantai dan laut, serta perdagangan daging dan telur penyu merupakan ancaman-ancaman terbesar yang dihadapi penyu untuk bertahan hidup. Manusia memegang peranan penting dan menjadi salah satu faktor penentu terhadap kelestarian penyu.

Yossy Wijaya selaku ketua panita pelaksana menyatakan pihaknya menggalang donasi sosial untuk membantu pelestarian kehidupan penyu khususnya di Bali. Dengan berkontribusi sebesar Rp 250.000, setiap donatur akan mendapatkan paket berupa 1 kaos “I Save One” yang digunakan saat acara, 1 gantungan kunci dan pin serta seekor tukik untuk dilepaskan ke laut saat acara. Selain donasi sosial, panitia juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi menjadi relawan pada kegiatan tersebut. 

“Bagi teman-teman yang ingin berpartipasi menyelamatkan penyu dari kepunahan, dapat mengirimkan donasi ke rekening GEMA INTI BALI. Bank BCA No. 669-037-7771 atas nama Stevanny Gabelianata. Dan mohon ditambahkan angka 1, contoh Rp 250.001,” ujar Yossy yang akrab dipanggil Ocie.

Sementara itu Ketua GEMA INTI Bali, Ketut Rendy Setiawan mengatakan kegiatan yang mengangkat tema “I Save One” ini memang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian penyu bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

“Mari selamatkan penyu dari kepunahan! I Save One, How About You?” ajak Rendy khususnya kepada generasi muda untuk peduli terhadap kelestarian penyu.

 
Informasi lebih lengkap mengenai kegiatan ini dapat menghubungi :
Aldy 0811-3863-730, Seno 0821-4599-9629, Vanny 0817-0351-1177
 
 
 
 
 

Posted by: Admin