Selamat datang di website Perhimpunan INTI

Event

Dialog Kebangsaan GEMA INTI "Tionghoa dalam Pusaran Politik"

Friday, 20 Feb 2015 00:00


Event Date : Saturday, 11 Apr 2015

Kiprah Ahok atau Basuki Tjahaya Purnama belakangan ini sebagai Gubernur DKI Jakarta mengundang perhatian khalayak ramai.

Gayanya yang ceplas ceplos dengan berbagai celetukan non formal membuat banyak orang terhenyak serta menimbulkan pro dan kontra. Ada yang mendukung gayanya yang blak-blakan, ada pula yang menyarankan agar Ahok bisa sedikit lebih santun dalam berbahasa.

Ahok memang tampil beda, bukan hanya karena latar belakang etnis dan agamanya. Dengan mengusung slogan BTP (Bersih, Transparan, Profesional), ia mendorong pembenahan sistem birokrasi yang ruwet.

Namun jauh sebelum Ahok, sejarah mencatat sudah banyak orang Tionghoa yang berkiprah dalam dunia politik Indonesia. Bahkan sejak zaman kolonialisme Belanda, 25 September 1932 di Surabaya berdiri Partai Tionghoa Indonesia (PTI) yang dalam AD/ART-nya jelas dikemukakan bahwa "PTI turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia".

Peran aktif etnis Tionghoa dalam berpolitik terus berlanjut pasca Kemerdekaan Republik Indonesia. Bung Karno memberi peluang serta kesempatan besar kepada etnis Tionghoa untuk bersama berbicara di pentas politik tentang Indonesia dan keIndonesiaan.

Nama-nama besar seperti Siauw Giok Tjhan, Soe Hok Gie, Yap Thiam Hien merupakan beberapa tokoh Tionghoa yang sempat menghiasi catatan sejarah Indonesia. Sejauh mana peranan dan kontribusi etnis Tionghoa serta pasang surutnya dalam pusaran politik Indonesia? Siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya?

Pengurus Pusat GEMA INTI (Generasi Muda Indonesia Tionghoa) dalam rangka memperingati 16 tahun berdirinya Perhimpunan INTI yang jatuh pada 10 April 2015 akan mengadakan acara :

Dialog Kebangsaan "Tionghoa dalam Pusaran Politik"

Pembicara Kunci : Benny G. Setiono
(Pendiri & Waketum Perhimpunan INTI, penulis buku Tionghoa dalam Pusaran Politik)

Pembicara :
• Yenny Wahid (Wahid Institute, Dewan Pakar Perhimpunan INTI)
• Jaya Suprana (Budayawan)
• JJ Rizal (Sejarawan)

Moderator : Ulung Rusman (Aktivis 98, Wakil Sekjen Perhimpunan INTI)

Sabtu, 11 April 2015
Pukul 09.00–13.00 WIB

di Aula Sekretariat Perhimpunan INTI
MGK Kemayoran, Office Tower B lantai 10
Jln. Angkasa kav.B6, Kemayoran - Jakarta Pusat

Info dan Pendaftaran :
Erie Puspa (021) 29371204-05

Posted by: Admin